info@arsitekturia.com | WA 08129775327

9 Jenis Bahan Bangunan untuk Dinding Rumah

Arsitekturia > Arsitektur dan Desain > 9 Jenis Bahan Bangunan untuk Dinding Rumah
9 Jenis Bahan Bangunan untuk Dinding Rumah (3)

9 Jenis Bahan Bangunan untuk Dinding Rumah

by Haris Nova |December 6, 2016 | Arsitektur dan Desain, Bangun Rumah dan Renovasi

Ada banyak jenis bahan bangunan untuk dinding rumah Anda. Ayo cek ulasan mengenai material-material tersebut di artikel ini.

Dinding rumah itu seperti pakaian yang kita kenakan. Pilihan kita tentang pakaian tentu bergantung pada lokasi tempat tinggal, gaya yang ingin ditampilkan, dan juga faktor harga. Namun tidak seperti pakaian, material dinding rumah Anda tidak akan semudah itu untuk diganti. Kebanyakan dari kita ingin sesuatu yang bagus di hari pertama dan tetap terlihat bagus di tahun-tahun selanjutnya.

Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai 9 jenis material untuk dinding rumah Anda:

9 Jenis Bahan Bangunan untuk Dinding Rumah

Dinding dengan Susunan Horisontal

Dinding jenis ini bisa dibuat dari kayu, aluminium, vinyl atau semen fiber. Pilihan dinding rumah seperti ini cocok untuk bangunan dengan gaya kolonial atau tradisional karena bisa bekerja sangat baik dengan bangunan yang sederhana, berbentuk kotak dan memiliki komposisi simetris.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-1

Atau “cape cod” sederhana ini yang juga menggunakan susunan horisontal di bagian sisi.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-2

Dinding Dari Papan

Dinding jenis ini tersedia dalam bentuk kayu dan semen fiber. Dinding rumah dari papan merupakan pilihan tepat untuk rumah dengan desain tradisional. Dinding jenis ini disusun secara vertikal untuk menciptakan tampilan rumah lebih tinggi.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-3

Susunan bagian sisi dengan plank dan papan pada eksterior yang sama menciptakan tampilan yang nyaman dan menginspirasi.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-4

Dinding Sirap

Tersedia dalam bentuk vinyl (polymer), kayu dan semen fiber, sirap sangat cocok untuk rumah dengan desain tradisional yang memiliki sirap, kerajinan tangan atau estetika Kerajinan dan Kesenian.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-5

Dinding Strip Kayu

Kayu juga bisa digunakan sebagai dinding horizontal.  Terkadang dipasang dalam konfigurasi alur, kunci dari dinding jenis ini adalah harus ada membran tahan air dibaliknya. Jika tidak, maka air bisa merembes dan merusak interior rumah Anda.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-6

Dinding Panel Semen Fiber

Lembaran besar dari panel semen fiber menciptakan sebuah permukaan datar. Estetika dari penggunaan dinding rumah jenis ini cenderung lebih kontemporer.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-7

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-8

Dinding Plesteran

Dinding plesteran adalah pilihan yang cocok untuk eksterior dengan permukaan besar dan geometri sederhana. Material ini tersedia dalam pilihan sintetik dan alami, selain itu juga cocok untuk rumah dengan desain modern hingga kontemporer.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-9

 

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-10

Dinding Bata

Tahan lama dan hampir tidak membutuhkan pemeliharaan yang berarti, menjadikan bata sebagai material dinding rumah paling ideal. Bata tersedia dalam berbagai ukuran, tekstur, dan warna. Bata juga dapat ditumpuk dan diletakkan dalam berbagai pola. Selain itu bata juga bisa digunakan dalam desain tradisional hingga kontemporer.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-11

Dinding Batu

Seperti batu bata, dinding dari batu itu tahan lama dan rendah pemeliharaan. Selain itu material batu tersedia dalam berbagai warna, tekstur, dan ukuran. Batu mudah beradaptasi dengan berbagai jenis estetika yang Anda inginkan.

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-12

9-jenis-bahan-bangunan-untuk-dinding-rumah-13

Dinding Logam

Bahan yang satu ini memang tidak digunakan secara umum, namun logam bisa menjadi pilihan yang sangat bagus untuk rumah dengan gaya kontemporer. Dari baja hingga tembaga, dinding logam tahan lama dan hanya perlu sedikit pemeliharaan.

Untuk pemilihan material dinding yang tepat, Anda bisa berkonsultasi pada ahlinya. Anda juga bisa mencari informasi di berbagai jasa arsitek yang kini sangat mudah ditemui di berbagai daerah atau kota.

Dapatkan rumah impian Anda seperti ini dengan bantuan dari arsitek www.Arsitekturia.com. Jasa arsitek profesional kami siap membantu Anda merancang rumah impian dalam mendesain dan memberikan ide untuk desain facade, landscape dan arsitektur. Jasa arsitek kami tersedia untuk area Jakarta dan sekitarnya. Hubungi kami untuk pertemuan dan mendapatkan konsultasi gratis dari arsitek kami sesuai pilihan Anda.

Sumber: www.houzz.com

Haris Nova

Owner of ARSITEKTURIA.com, an online platform for architecture that is provided to design your dream home. We focus on your family, your style, your budget. Think hiring a top designer will cost too much? It won't!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4