info@arsitekturia.com | WA 08129775327

Lantai Beton Bisa Cenderung Retak?

Arsitekturia > Arsitektur dan Desain > Lantai Beton Bisa Cenderung Retak?
Lantai Beton Bisa Cenderung Retak? (1)

Lantai Beton Bisa Cenderung Retak?

by Haris Nova |December 5, 2016 | Arsitektur dan Desain, Bangun Rumah dan Renovasi

Secara umum lantai beton adalah sahabat baik para pembangun, karena pengakuan banyak pihak akan kekuatan, daya tahan dan fleksibiltas yang dimiliki oleh beton.

Dapat dibilang bahwa Beton menjadi bahan bangunan yang paling banyak digunakan di dunia. Nah mari kita cari tahu alasan mengapa beton bisa retak:

Mengapa Beton Bisa RetakTakdir Beton
Anda perlu tahu bahwa beton ini termasuk dalam kategori benda yang cenderung retak. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan keretakan pada beton ini. Faktor waktu, cuaca dan pemakaian bisa menjadi awal proses beton Anda retak. Meskipun Anda menggunakan bahan berkualitas, namun bisa saja lantai beton Anda tiba-tiba retak.

Seringkali orang mengabaikan retakan sekecil helaian rambut, padahal retakan kecil ini bisa mengundang retakan yang lebih besar pada lantai beton atau pondasi beton Anda.

Mengapa Beton Bisa Retak (1)

Retak Susut
Retakan biasa terjadi tidak hanya di permukaan saja, namun juga berjalan di dalam. Retakan rambut lebih sering terlihat dan mudah untuk diatasi. Namun tidak untuk retak susut, karena retak ini terwujud sebagai air yang menguap dari campuran beton selama proses pengerasan.

Mengapa Beton Bisa Retak (2)

Lantai Beton dan Bagian Atap
Interior beton lebih sering mengalami keretakan meskipun kenyataannya banyak perancang bangunan yang bisa menciptakan kondisi instalasi sempurna. Namun tetap saja keretakan di lantai beton atau pondasi beton lainnya tidak dapat terelakkan.

Mengapa Beton Bisa Retak (3)

Kontrol Sendi
Kontrol sendi adalah pemisahan di lapisan luar beton, menyediakan lokasi untuk retak susut yang biasa terjadi namun tidak terlihat. Dari permukaan, Anda bisa melihat garis yang sengaja diletakkan disitu, namun garis ini bukanlah retak.

Mengapa Beton Bisa Retak (4)

Mengapa Beton Bisa Retak (5)

Mengapa Beton Bisa Retak (6)

Pengembangan Retak, Penurunan, dan Ketidakpastian
Akar pohon, siklus beku-cair dan gerakan tanah adalah penyebab retak yang tidak bisa dihindari. Dalam beberapa kasus tidak ada alasan pasti kenapa pondasi beton Anda retak. Namun ini bisa saja berhubungan dengan pengembangan dan siklus beku-cair (freeze-thaw cycles). Para kontraktor rumah profesional mengetahui teknik untuk mengurangi retak ini.

Mengapa Beton Bisa Retak (7)

Keuntungan
Beton tidak akan pergi kmana-mana. Dia tahan lama, bersifat adaptif, menarik dan berkualitas. Namun retak pada beton akan tetap berlangsung dan mereka tidak bisa dihindari. Seorang profesional yang berpengalaman tahu tentang hal ini dan mereka mampu mengambil langkah untuk meminimalkan retak.

Dapatkan rumah impian Anda seperti ini dengan bantuan dari arsitek www.Arsitekturia.com. Jasa arsitek profesional kami siap membantu Anda merancang rumah impian dalam mendesain dan memberikan ide untuk desain facade, landscape dan arsitektur. Jasa arsitek kami tersedia untuk area Jakarta dan sekitarnya. Hubungi kami untuk pertemuan dan mendapatkan konsultasi gratis dari arsitek kami sesuai pilihan Anda.

Sumber: www.houzz.com

Haris Nova

Owner of ARSITEKTURIA.com, an online platform for architecture that is provided to design your dream home. We focus on your family, your style, your budget. Think hiring a top designer will cost too much? It won't!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4